Waspadai Ciri Penipuan yang Berkedok Bisnis Online

Bisa dibilang, bisnis online saat ini sangat menjanjikan untung yang cukup besar. Selain caranya yang mudah, strategi ini hemat tenaga dan biaya. Tak heran, ada banyak pebisnis pemula yang mencoba karir ini dengan membuka toko online.

Akan tetapi, tidak semua pebisnis bersikap jujur. Adapula yang memanfaatkan kesempatan ini untuk menipu para pelanggan. Apalagi dimasa WFH yang menuntut masyarakat untuk tetap berada di rumah atau mengurangi aktivitas di luar rumah seperti ini.

Nah, bagi Anda yang tidak ingin menjadi korban penipuan, waspadai ciri-ciri scam berkedok bisnis online berikut.

6. Ciri Ciri Bisnis Online Penipu Yang Harus Diwaspadai

Menyembunyikan Identitas

Seseorang yang berniat melakukan penipuan dalam bisnis online, pasti berusaha untuk menyembunyikan identitasnya. Mulai dari nama, alamat, dan informasi lain yang memudahkan pelacakan.

Jika Anda menemukan penjual online dengan ciri tersebut, sebaiknya patut curiga dan pertimbangkan lagi untuk berbelanja. Pasalnya, interaksi yang meragukan seperti ini hanya merugikan diri sendiri.

Membatasi Kontak dengan Member/Anggota

Bisnis online yang sudah maju, biasanya memiliki situs sendiri sebagai lapak penjualan. Mulai dari foto produk, harga, dan spesifikasinya. Satu lagi yang perlu Anda perhatikan adalah kontak penjual.

Sebelum bertransaksi, sebaiknya hubungi dulu kontak yang tersedia untuk mengetahui respon penjual. Jika balasan tidak masuk akal, berbelit-belit, atau tidak ada sama sekali, menjadi salah satu ciri bisnis online scam.

Produk atau Jasa yang Ditawarkan Tidak Jelas

Setiap bisnis yang dijalankan, pasti memiliki produk atau jasa yang ditawarkan. Nah, sebelum memutuskan untuk berbelanja atau bergabung pada situs belanja online, sebaiknya cari tahu apakah produk atau jasa yang ditawarkan tersebut benar-benar ada. Jika merasa produk atau jasa yang dijual tidak jelas, dipastikan menjadi pertanda dari modus penipuan.

Menjanjikan Pendapatan yang Tidak Masuk Akal

Siapa sih yang tak ingin income melimpah yang diperoleh dari bisnis online saja? Ciri lain dari bisnis online scam adalah menawarkan penghasilan yang banyak dengan syarat harus membayar uang administrasi diawal sebanyak Rp250.000 misalnya. Jika Anda menemukan indikasi seperti itu, sudah dipastikan ada kedok penipuan.

Meskipun terbilang mudah, namun bergabung ataupun berbelanja bisnis online harus selalu hati-hati. Jadi, sudah siapkah Anda untuk berkarir dalam bidang ini?

Leave a Comment