Kekurangan Nikon F4 yang Wajib Kita Ketahui

Resmi diluncurkan pada tahun 1988, Nikon F4 merupakan salah satu produk yang sudah tidak lagi dirilis ke pasaran sejak F5 sebagai generasi penerusnya diperkenalkan kepada publik. Tahun 1998, atau tepat satu dekade setelah peluncurannya, Nikon F4 sepenuhnya berhenti diproduksi.

Padahal, F3 yang merupakan generasi pendahulu F4 masih tetap diproduksi hingga tahun 2001. Hal ini cukup disayangkan, mengingat penggemar F4 sangat banyak di seluruh penjuru dunia dan mengklaim bahwa Nikon F4 akan selalu menjadi produk terbaik yang tak pernah tergantikan.

Nikon F4

Nikon F4 adalah salah satu produk dari lini F yang dikhususkan sebagai kamera profesional. Didesain oleh Giorgetto Giugiario asal Italia, Nikon F4 merupakan produk pertama anak perusahaan Mitsubishi ini yang menerapkan sistem autofokus.

Nikon F4 memiliki lensa kamera single berukuran 35mm dan memiliki kemampuan meminimalkan noise ketika mengambil gambar.

Kekurangan Nikon F4

Ada kelebihan, tentu ada pula kekurangan yang dimiliki oleh Nikon F4. Namun, kekurangan tersebut rasanya masih tergolong dapat ditoleransi.

Dikarenakan saat ini produk baru dari Nikon F4 tidak lagi beredar di pasaran, sehingga Anda hanya bisa mendapatkan dari tangan kedua, ketiga dan seterusnya, maka kekurangannya pun dapat bertambah bergantung dengan pola pemakaian dari pemilik sebelumnya.

1. Bentuknya besar dan cukup berat. Meskipun memiliki desain yang tidak tergerus zaman, namun tidak dapat dipungkiri bahwa dimensi Nikon F4 sangat besar dengan bobot cukup berat, sehingga kurang praktis bila dibawa bepergian.

2. Curtain kadang bermasalah. Sampai saat ini belum diketahui penyebab curtain kadang bermasalah, akan tetapi hal itu dapat dimengerti mengingat produk ini sudah dirilis sangat lama.

Leave a Comment