Meskipun ukurannya yang tergolong sangat kecil jika dibandingakan dengan sparepart jenis lain, sparepart pada handphone memiliki peran yang besar, loh!

Lalu, apa saja yang menjadi komponen sparepart? Dan apa fungsinya? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan di bawah ini!

Sparepart dan Tools Handphone

Sparepart Handphone

1. Liquid Crystal Display

Liquid crystal display (LCD) pada Handphone memiliki fungsi untuk menampilkan berbagai macam tampilan yang yang ada pada HP termasuk gambar, video, ataupun aplikasi aplikasi lainnya.

Fungsinya yang sangat vital ini menunjukkan jika tanpa keberadaannya, handphone tidak dapat berfungsi.

Jika layar LCD ini rusak, maka handphone hanya akan menampilkan layar hitam atau putih saja. Dan tidak bisa dioperasikan.

2. Plugin

Fungsi komponen yang satu ini tidak kalah pentingnya dengan LCD.

Plugin memiliki fungsi untuk menghubungkan baterai handphone dengan listrik dalam upayanya untuk mengisi daya.

Jika plugin rusak atau tidak berfungsi dengan baik, handphone tidak bisa mengisi dayanya. Sehingga HP akan mati total.

Namun belakangan ini berkembang teknologi baru untuk menghindari adanya plugin yang tidak berfungsi.

Yakni dengan adanya wireless charging yang membantu handphone mengisi dayanya hanya dengan meletakkannya pada charger yang telah disediakan oleh perusahaan pembuat produk handphone terbaru dalam kotak handphone tersebut.

3. Buzzer

Buzzer pada handphone berfungsi untuk mengeluarkan nada dering. Jika keberadaannya rusak dan tidak berfungsi dengan baik, maka ponsel tidak akan mengeluarkan nada dering ketika ada telepon ataupun sms yang masuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published.