Kalau kamu sedang menginap sekitar hotel di Pasar baru, coba deh eksplorasi suasana kota Jakarta tempo dulu. Kita masih bisa melihat aksen jadul yang bercampur dengan sentuhan modern di sudut-sudut kota Jakarta. Kalau kamu ingin mengintip berbagai tempat wisata tempo dulu selain Kota Tua, coba melipir ke Pasar Baru. Ada beragam objek wisata untuk berkuliner, mengunjungi museum atau bersantai sambil menikmati suasana kota.

Sensasi Jakarta Tempo Dulu di Sekitar Hotel di Pasar Baru
Sumber pixabay

Tempat-Tempat Jadul Dekat Hotel di Pasar Baru

Hal terpenting kalau ingin berwisata, adalah menentukan tempat menginap dan objek wisata sekitarnya. Selain lebih hemat, tentu kamu tidak akan terlalu lelah. Seperti mengunjungi beberapa tempat jadul berikut yang beberapa bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari hotel di Pasar Baru tempatmu menginap. Kamu bisa memakai kereta dari Stasiun Gambir, atau memakai bus transjakarta untuk mengantarmu ke tempat-tempat yang agak jauh.

1. Kawasan Weltevreden – Kota Tua

Gak pernah dengar nama ini? Kawasan yang dulu digunakan sebagai pusat pemerintahan Batavia ini, sebenarnya dulunya berada di Kota Tua. Karena alasan tata kota, maka dibangun beberapa bangunan pemerintahan ditempat yang kini berdiri Gedung Kesenian Jakarta, Rumah Raden Saleh , Museum Kebangkitan Nasional, dan masih banyak lagi. Cari-cari spot instagram disini pasti seru, terutama dengan latar belakang gedung putih yang tua.

2. Museum Katedral

Wajah Jakarta tempo dulu bukan hanya dihiasi dengan bangunan tua ala belanda, tapi juga Gereja Katedral yang berada tidak jauh dari Hotel di Pasar baru. Bukan hanya gereja sebagai tempat ibadah saja, dibelakangnya ada Museum Katedral yang terbuka untuk umum.

Selain ruangan yang jadul banget, kamu juga bisa tahu sejarah masuknya ajaran katolik ke Jakarta, para Paus yang pernah memimpin gereja dan berbagai koleksi yang digunakan untuk membangun Gereja sejak tahun 1810.

3. Masjid Lautze

Jakarta bukan hanya dipenuhi bangunan klasik peninggalan Belanda saja. Ada beberapa jejak Budaya China yang bisa juga dinikmati. Salah satunya adalah Masjid Lautze di Sawah Besar sekitar Pecinaan. Bangunan berwarna merah, kuning, hijaunya mencolok dan sayang untuk dilewatkan.

Jangan lupa, tempat ini masih berfungsi sebagai masjid, loh! Selain untuk beribadah atau sekedar melihat-lihat, siapa saja bisa berkunjung dan melihat-lihat paduan budaya China dan Islam yang tidak biasa.

4. Pasar Baru Pusat Perbelanjaan

Ingin berbelanja di tempat unik? Kamu bisa coba menyusuri toko-toko dan pusat makanan di Pasar Baru. Kamu pasti tidak mengira kalau berbelanja di tempat lawas juga bisa mengasyikan. Pasar Baru terkenal murah meriah tapi yang paling menarik dari tempat ini adalah desain bangunannya yang bergaya klasik.

Kamu akan dengan mudah menemukan latar untuk diabadikan untuk berfoto. Spot-spot kental dengan aksen China dan Belanda membuat pengalaman berbelanja jadi lebih mengesankan. Bukan hanya berburu baju import, pakaian vintage dengan harga miring juga ada.

Menginap di POP! Hotel Pasar Baru

Kamu dapat mengunjungi tempat-tempat jadul di atas dengan mengeksplorasi Pasar baru seharian, baik dengan berjalan kaki atau memakai transportasi umum. Pilih tempat menginap yang dekat sehingga bisa lebih nyaman.

POP! Hotel Pasar Baru berdekatan dengan beberapa tempat-tempat yang dibahas di atas. Ada yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki saking dekatnya, ada pula yang dapat dikunjungi dengan bus, atau transportasi lainnya.

Hotel murah di tengah Pasar Baru ini ideal dengan konsep minimalisnya yang eco-friendly. Kamu dapat beristirahat dengan baik dengan berbagai fasilitas seperti Wifi, ruang meeting, safety box, International TV Cable dan layanan front desk 24 Jam.

Menginap di POP! Hotels, nikmati fasilitas 24 Jam Pitstop cafenya. Kamu tidak perlu pergi kemana-mana untuk ngopi atau mencari cemilan. Bepergian juga menjadi mudah dengan jarak hanya 2 km ke stasiun Gambir.

Berbagai tempat dengan nilai historis bisa juga jadi tempat nongkrong yang seru. Kesan tua atau seram bisa sirna dengan berbagai alih fungsi yang menyenangkan untuk dilihat. Yuk, sempatkan berkeliling kota Jakarta yang kental dengan aksen Jadul sekeliling Pasar Baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.