Ban Motormu Tiba-Tiba Pecah? Hati-Hati Ini Sebab yang Harus Dihindari

Pernah mengalami tiba-tiba ban motor pecah di jalan? Tentu sangat berbahaya bukan. Sebagus apapun motormu, jika ban motor yang kamu gunakan sudah tak layak tetp dapat menimbulkan bahaya.

Kamu harus mengetahui cara merawat ban. Ban merupakan hal krusial yang pada motor. Jadi, mulai sekarang jangan hanya memperhatikan mesin motor saja.

Ban Motor Pecah Bisa Terjadi Karena Beberapa Sebab, Wahanahonda.com

Sebagai informasi,ada beberapa penyebab ban motormu tiba-tiba meledak yang sebaiknya kamu hindari, antara lain:

1. Pengisian Angin Tak Sesuai Standar

Walaupun sekilas ban motor satu dengan yang lain terlihat sama, namun sebenarnya tiap motor memiliki standar pengisian angin yang berbeda. Pastikan mengikuti aturan tersebut dan jangan menyepelekannya karena ini menyangkut keselamatanmu.

Apabila tekanan angin terlampau tinggi, ban motor akan rentan memiliki benjolan. Jika ban sudah memiliki benjolan, maka resiko ban tiba-tiba pecah pun akan semakin tinggi.

2. Ban Telah Kadaluwarsa

Jangan salah, tak hanya makanan, ban juga bisa kadaluwarsa. Ada usia maksimal tertentu yang dimiliki ban. Jadi, ketika masa kadaluwarsanya telah tiba, lebih baik segera ganti ban kamu dengan yang baru.

Meskipun masih terlihat baik-baik saja, namun ban yang telah kadaluwarsa rentan pecah karena dinding karet dan kawat rodanya telah kering. Sebaliknya, meski belum jatuh masa kadaluwarsa, tapi ban yang kamu miliki nampak sudah tipis, segera ganti juga. Tentu saja karena ban tersebut juga akan beresiko mengalami pecah.

3. Ban Tak Sesuai Standar

Tak hanya helm yang harus sesuai standar agar aman. Ban pun harus sesuai standar agar aman digunakan untuk melaju di jalanan yang tak tentu medannya.Cara paling mudah mengidentifikasi ban motormu sesuai standar atau tidak adalah dengan mempertimbangkan harga beli ban tersebut.

Ada uang, ada barang tentu masih berlaku. Ban yang murah, kualitasnya tentu diragukan. Bahkna bisa jadi tidak sesuai standar. Bisa juga, ban dengan merk yang bagus namun dijual murah. Hal ini juga patut kamu waspadai. Kemungkinan ban tersebut mrupakan produk gagal tetap ada.

Jika ban tersebut produk gagal, biasanya ia memiliki bagian yang berlubang atau setidaknya keretakan di area tertentu. Apa akibatnya? Kembalilagi, tentu ban yang tak sempurna akan lebih rentan meledak atau pecah.

4. Sering Lewat Jalan Berlubang

Tak hanya kualitas dan cara mengisi angin pada ban yang harus diperhatikan. Namun, caramu dalamberkendara juga harus dipertimbangkan ya. Usahakan untuk menghindari lewat jalan yang berlubang.

Jika kamu mengabaikannya, jalan yang berlubang tersebut dapat mengakibatkan kawat dalam ban rusak. Apalagi jika kamu sering menggunakan kecepatan tinggi alias ngebut. Lambat laun kebiasaan buruk ini akan membuat banmu tak tahan lama dan cepat rusak serta memicu ban pecah.

Nah, itu tadi tips yang dapat kamu perhatika dan terapkan untuk menjaga ban motormu agar tetap sehat dan bisa melakukan fungsinya secara optimal. Semoga memberi manfaat.

Leave a Comment