Bermain game memang sangat menyasyikan sebagai teman hiburan saat perjalanan maupun seusai bekerja maupun mengerjakan tugas. Namun, Anda akan sangat kesal jika baterai HP tiba-tiba sudah merah dan lupa tidak memabwa power bank.

Nah, bagi kamu yang ingin membuat baterai HP Android tahan lama untuk berbagai aktivitas baik video call maupun bermain game. Anda perlu mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti penggunaan mode dark, menghapus aplikasi di belakang layar dan lain sebagainya.

Apa Saja Hal yang Perlu Diperhatikan agar Membuat Baterai HP Android Tahan Lama?

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga pefroma HP Android tetap tahan lama dan tidak mudah habis daya baterainya, meliputi:

1. Matikan GPS maupun Lokasi Jika Tidak Perlu=> Penggunaan GPS dapat membuat baterai HP Anda semakin berkurang dayanya. Apabila tidak digunakan sebaiknya Anda mematikannya. Jika Tidak Anda bisa menonaktifkan izin lokasinya.dengan cara demikian, Anda dapat menghemat daya baterai karena beberapa aplikasi yag terhubung dengan lokasi juga otomatis dinonaktifkan.

2. Mengaktifkan Mode Gelap=> penggunaan mode gelap dapat membuat mata tidak terllau bekerja keras. Selain itu dark mode membantu menghemat daya baterai Anda terutama, bagi Anda yang menggunakan smartphone OLED.

3. Pembatasan Penggunaan Aplikasi di Belakang Layar yang Tidak Terpakai=> sebenarnya, aplikasi yang Anda buka secara otomatis akan bekerja dan mampu menguras daya baterai. Maka dari itu, Anda perlu menghapus beberapa aplikasi di belakang layar. Anda dapat melakukan pengaturan pada setting HP untuk menghilangkan latar belakang.

4. Gunakan Aplikasi Versi Lite=> biasanya, penggunaan aplikasi lite ditujukan untuk HP jadul dengan spesifikasi tidak terlalu wah. Nah, bagi Anda yang memiliki HP gahar, maka untuk mengurangi pengurasan daya baterai Anda dapat memanfaatkan versi lite. Selain lebih hemat energi dan daya, penggunaannya lebih aman.

5. Mematikan Google Asistant=>penggunaan google asistant dapat memudahkan Anda sebagai pengguna. Namun, fitur ini sangat menguras daya baterai. Hal ini dikarenakan pemakaian google assistan dapat bekerja dalam banyak hal untuk satu waktu. Apabila kamu tidak bergantung dengan adanya google assistant, maka sebaiknya dinonaktifkan saja.

6. Pengaturan Manual Kecerahan=> pengaturan brightness manual dapat membantu Anda untuk menentukan tingkat kecerahan sesuai kebutuhan. Tidak hanya itu, pengaturan ini juga membantu Anda menghemat daya baterai agar dapat bertahan lama.

Itulah beberapa informasi berkaitan dengan cara membuat baterai HP Android tahan lama sesuai kebutuhan. semoga informasi ini membantu Anda untuk menghemat daya baterai agar tidak mudah terkuras habis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.